Penyebab Baterai Ponsel Boros dan Tips Mengatasinya

Ada beberapa faktor yang bisa membuat baterai smartphone Android menjadi boros. Namun, tahukah kamu sebenarnya ada cara untuk menghindari hal tersebut. Berikut beberapa penyebab baterai smartphone Android menjadi boros dan cara mengatasinya:

1. Aplikasi dengan penggunaan baterai tinggi

Sebagai pengguna Android, kalian pasti dimanjakan dengan banyak aplikasi yang bisa digunakan. Namun, harus berhati-hati karena mungkin ada satu atau beberapa aplikasi bisa membuat baterai menjadi super boros. Untuk mengetahuinya, kalian bisa memeriksa menu Settings > Battery, guna melihat aplikasi yang 'memakan' daya baterai besar. Adapun untuk pemeriksaan lebih rinci, bisa menggunakan aplikasi khusus monitor baterai seperti GSam Battery Monitor. Aplikasi ini akan menampilkan data pemakaian baterai dari semua aplikasi yang ada di smartphone. Jika menemukan aplikasi kurang penting yang membuat baterai boros, jangan ragu untuk menghapusnya.

2. Baterai Usang, Ganti dengan yang Baru

Harusnya kalian bisa lebih peka terhadap hal ini. Jika sudah tahu smartphone yang digunakan "berusia lanjut", maka kemampuan baterainya juga sudah pasti termakan usia. Mengingat hal tersebut, jika memang dirasa baterai lebih boros, segera ganti baterai lama dengan yang baru. Baterai baru tentu akan memberikan performa dengan daya tahan lebih baik.

3. Auto-brightness

Sebenarnya hal ini sangat sepele, namun nyatanya bisa berpengaruh pada usia baterai Android. user yang enggan menyesuaikan kecerahan layar secara manual, pasti mengaktifkan modus Auto-brightness. Di sisi lain, ada juga pengguna yang tidak sadar telah mengaktifkan modus tersebut. Padahal, modus itu lebih menguras baterai. Lebih direkomendasikan untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara manual.

4. Pesingkat Waktu "Sleep"

Semakin sering layar menyala, maka kian banyak daya baterai terpakai. Salah satu trik menghemat penggunaan baterai yaitu dengan menyingkat waktu sleep atau screen timeout. Sangat disarankan untuk memilih waktu paling singkat, sehingga layar smartphone yang sedang tidak digunakan bisa segera redup.

5. Background Apps

Kumpulan aplikasi background yang selalu berjalan memang seringkali berguna, tapi bisa sangat menguras baterai smartphone. Kalian bisa mengatasi masalah ini dengan mengatur waktu update menjadi lebih jarang. Misalnya, aplikasi cuaca yang sebelumnya update setiap satu jam sekali diubah menjad tiga atau empat jam sekali. Setelah mengetahui delapan penyebab dan cara mengatasi baterai boros, semoga kalian bisa lebih bijak saat menggunakan smartphone Android. Selamat mencoba!

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Recommended